Pengertian Akronim

Share on :
Jaib Najhan Pengertian Akronim,Definisi Akronim
Akronim adalah kependekan yang berupa gabungan huruf atau suku kata, atau bagian lain yang ditulis dan dilafalkan sebagai kata yang wajar. Misal rudal untuk peluru kendali (KBBI Edisi Ketiga). Perihal akronim dalam perspektif ilmu bahasa dan aplikasinya dalam teknologi informasi telah dijelaskan oleh Zahariev.
Definisi Akronim Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia
Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) online kependekan yg berupa gabungan huruf atau suku kata atau bagian lain yg ditulis dan dilafalkan sbg kata yg wajar (msl mayjen mayor jenderal, rudal peluru kendali, dan sidak inspeksi mendadak). Akronim terlalu pendek kurang disukai karena berisiko ditemui akronim yang sama tetapi berbeda makna. Sebalik-nya, akronim yang terlalu panjang dapat merepotkan. Kesesuaian dengan kata-kata atau makna yang diwakili merupakan hal penting, di samping perlunya akronim itu mudah diucapkan. Konflik pengertian dengan kata lain atau akronim lain dapat menimbulkan komplikasi yang tidak perlu. Pembentukan akronim dalam perspektif etika bahasa dapat mengacu pada pendapat Wittgenstein (1889-1951, filsuf bahasa, matematika, dan logika) yang menyatakan bahwa perkataan adalah sebuah tindakan moral, sehingga perkataan yang benar adalah yang didasari dengan etika, moralitas, dan logika yang baik.
Contoh-contoh akronim Akronim umum:
Asbun (asal bunyi)
Sinetron - sinema elektronik
Petrus (penembak misterius)
Markus (makelar kasus)
Akronim politik di Indonesia: 
Kades - Kepala Desa
Pelita - Pembangunan Lima Tahun
Pemkot - Pemerintah Kota (Kotamadya)
Akronim lalu lintas:
STNK - Surat Tanda Nomor Kendaraan
SIM: Surat Izin Mengemudi
BPKB: Buku Pemilik Kendaraan Bermotor
Akronim terkait dengan masalah pendidikan: 
TOGA: Tanaman Obat keluarGA
Seringkali akronim adalah sebuah kata atau singkatan resmi yang artinya diplesetkan. Beberapa contoh: Gepeng - Gelandangan dan Pengemis
Pecel Lele - pemakai celana lebar-lebar
sekian Pengertian Akronim.
Jaib Najhan
jaibnajhan.blogspot.com
Baca juga: Pengertian Polisemi,Sinonim dan Antonim
TAGS
pengertian akronim,definisi akronim,apa itu akronim,membahas akronim,pelajaran mengenai akronim
contoh contoh akronim,singkatan atau akronim,akronim yang baru dalam pergaulan sehari hari


Silahkan anda bagikan artikel ini ke: Google+
Anda Sudah Membaca Artikel Pengertian Akronim https://jaibnajhan.blogspot.com/2012/11/pengertian-akronim.html Anda Boleh Copy serta Share Artikel Pengertian Akronim ini Kepada Teman Anda Dengan Menyertakan Link Pengertian Akronim Sebagai Sumbernya, Terima Kasih.
Admin Blog Jaib Najhan Mengucapkan Syukran Katsiran

0 komentar on Pengertian Akronim :

Post a Comment and Don't Spam!

Karena Blog ini banyak mendapat komentar Kotor dan Cacian dari KAUM WAHABI YANG SAKIT HATI DENGAN KEBENARAN POSTINGAN BLOG INI Maka Saya Mengkhususkan Komentar hanya untuk anggota saja. Bagi anda yang ingin berkomentar atau bertanya kepada saya atau ada hajat yang lain silahkan berkomentar di: DTJ Ramadlan dan silahkan anda pilih post yang pas dengan pembahasan anda. sekian dari saya terima kasih sudah berkunjung dan atas komentar anda.

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.