Pengertian Homonim,Homograf,Homofon

Share on :
Jaib Najhan Pengertian Homonim,Homograf,Homofon
Pengertian Homonim
Homonim adalah suatu kata yang memiliki arti/makna yang berbeda akan tetapi lafadh atau ejaannya sama.
Jika lafalnya sama disebut homograf, namun jika yang sama adalah ejaannya maka disebut homofon.
Definisi Homonim Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia
Homonim adalah kata yang sama lafadh dan ejaannya, tetapi berbeda maknanya karena berasal dari sumber yang berlainan (seperti hak pada hak asasi manusia, dan hak pada hak sepatu).
Pengertian Homograf
Homograf (bahasa Yunani: ὁμός, homós, "sama" dan γράφω, gráphō, "tulis") adalah suatu kata yang sama ejaannya dengan kata lain, tetapi berbeda lafadhnya dan maknanya. Dalam bahasa Indonesia, contoh homograf antara lain adalah "teras" yang dapat bermakna inti kayu atau bagian rumah, dan "apel", yang dapat bermakna buah atau kumpul.
Pengertian Homofon
Homofon (bahasa Yunani: ὁμός, homós, "sama" dan φωνή, phōnḗ , "bunyi") adalah kata yang diucapkan sama dengan kata lain tetapi berbeda dari segi maksud. Perkataan-perkataan yang homofon mungkin dieja dengan serupa atau berbeda; "buku" (bahan bacaan) dan "buku" (bagian di antara dua ruas); "massa" (dalam perkataan media massa) dan "masa" (waktu). Perkataan-perkataan ini adalah serupa dari segi sebutan tetapi mempunyai arti yang berbeda, atau merujuk kepada perkara yang tidak sama. Homofon merupakan sejenis homonim, meskipun kadang-kala homonim digunakan untuk merujuk hanya kepada homofon yang mempunyai ejaan yang sama tetapi arti yang berlainan. Istilah ini juga digunakan untuk unit-unit yang lebih singkat daripada perkataan, seperti huruf atau beberapa huruf yang disebut sama dengan huruf lain atau kumpulan huruf yang lain.
Homofon adalah istilah yang berlawanan dengan homograf.Sekian Pengertian Homonim,Homograf,Homofon.Semoga Tulisan Pengertian Homonim,Homograf,Homofon ini bermanfaat.
Terima Kasih sudah berkunjung.
TAGS
pengertian homonim,homograf,homofon,definisi homonim,homograf,homofon,apa itu homonim,homograf,homofon,pengertian homonim,pengertian homograf,pengertian homofon,definisi homonim,definisi homograf,definisi homofon


Silahkan anda bagikan artikel ini ke: Google+
Anda Sudah Membaca Artikel Pengertian Homonim,Homograf,Homofon https://jaibnajhan.blogspot.com/2012/11/pengertian-homonimhomografhomofon.html Anda Boleh Copy serta Share Artikel Pengertian Homonim,Homograf,Homofon ini Kepada Teman Anda Dengan Menyertakan Link Pengertian Homonim,Homograf,Homofon Sebagai Sumbernya, Terima Kasih.
Admin Blog Jaib Najhan Mengucapkan Syukran Katsiran

6 komentar on Pengertian Homonim,Homograf,Homofon :

Anonim mengatakan... 28 November 2012 pukul 00.52

ini websitenya baru ya?
tambah lagi tulisannya yg membahas pendidikan dan pengetahuan seperti tulisan ini,karna hal seperti ini saat membantu para pencari ilmu

Anonim mengatakan... 11 April 2013 pukul 04.38

Sangat membantu saya dalam belajar

Unknown mengatakan... 10 Juni 2013 pukul 07.39

Terimakasih sgt membantu saya

Unknown mengatakan... 10 Juni 2013 pukul 07.39

Terimakasih informasinya sgt membntu

Unknown mengatakan... 10 Juni 2013 pukul 07.40

Terimakasih sgt membantu saya

Photoshop pemula mengatakan... 9 Juli 2013 pukul 13.28

Makasih ilmunya gan.. sangat membantu..

Post a Comment and Don't Spam!

Karena Blog ini banyak mendapat komentar Kotor dan Cacian dari KAUM WAHABI YANG SAKIT HATI DENGAN KEBENARAN POSTINGAN BLOG INI Maka Saya Mengkhususkan Komentar hanya untuk anggota saja. Bagi anda yang ingin berkomentar atau bertanya kepada saya atau ada hajat yang lain silahkan berkomentar di: DTJ Ramadlan dan silahkan anda pilih post yang pas dengan pembahasan anda. sekian dari saya terima kasih sudah berkunjung dan atas komentar anda.

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.